






JIKA kemarin namanya hanya terdengar di media saja, Tata Nano yang merupakan mobil paling murah di dunia kini sudah dapat anda miliki. Namun anda tetap harus mengantri untuk dapat membawa pulang mobil yang diluncurkan sejak Januari 2008 tersebut.
Mobil berkapasitas empat penumpang yang dibandrol seharga US$2.500 atau hanya seharga 30 juta rupiah tersebut memberikan sebuah pengalaman berkendara dengan mesin 2 silinder berbahan bakar bensin.
Dengan kapasitas mesin sebesar 624cc, Nano memberikan 4 percepatan transmisi yang memberikan tenaga sebesar 34hp pada 5.250rpm dan torsi 48Nm di 3.000rpm. Kecepatan maksimal yang dapat diberikan oleh dapur pacunya tersebut adalah 105 km/jam.
Efisiensi bahan bakarnya mencapai 23,6 km/liter dan telah diakui oleh Automotive Research Association of India (ARAI). Tata Motors mengklaim tingkat efisiensinya itu sebagai yang terbaik di antara efisiensi kendaraan-kendaraan berbahan bakar bensin lainnya di India.
Iritnya Nano terhadap bahan bakar ditambah dengan pembatasan beban seberat 600kg akan turut memposisikan Nano sebagai mobil yang menghasilkan emisi CO2 terendah diantara semua mobil di India.
Aspek keamanan Nano pun diklaim Tata Motors telah memenuhi standar peraturan yang berlaku, ditambah passing roll-over test dan offset impact yang sebenarnya tidak diatur di India. Kekuatan Nano teruji dari terbuatnya body-nya dari sheet-metal body, dengan teknologi reinforced passenger compartment, crumple zones, intrusion-resistant doors.
Belum lagi dengan fasilitas sabuk keselamatan, ban tubeless dan berbagai fasilitas keamanan lainnya yang semakin membuat Nano selain irit juga aman terhadap para penumpangnya.
Lebar Nano adalah 1,5 meter dengan panjang 3,1 meter dan tinggi 1,6 meter. Dengan demikian, ukuran tersebut menjadikan Nano sebagai mobil dengan eksterior terkecil di India. Namun Tata Motors menyatakan produknya tersebut 21% lebih lapang dengan posisi tempat duduknya yang tinggi yang memudahkan akses masuk dan keluar kendaraan.
Tata Nano diproduksi dalam tiga varian dengan jumlah terbatas sebanyak 100.000 mobil di pabrik Pantnagar di Uttarakhand. Hal tersebut dilakukan hingga pabrik barunya yang lebih modern di Gujarat selesai dibangun pada 2010. Nantinya pabrik Tata baru di Gujarat tersebut mampu memproduksi 350.000 mobil per tahunnya
Varian tertingginya yakni varian LX memberikan pengemudinya fasilitas antara lain central locking, front power windows, warna mobil kelas premium, fog lamps, electronic trip meter, cup holder in front console, mobile charger point, dan rear spoiler. Fasilitas-fasilitas tersebut diklaim Tata Motors sebagai fasilitas yang tidak akan ditemui di mobil kecil entry level di India.
source : media indonesia
New Avanza hadir dengan tampilan yang lebih memukau. Dari sektor eksterior, Avanza baru dengan roof lining atau atap yang bergelombang seperti milik Toyota Innova. Avanza dengan postur body yang tinggi tentu faktor aerodinamis perlu diperhitungkan guna memperkecil hambatan angin, bukan itu saja wave roof juga dapat meredam suara hujan saat menguyur atap mobil.
TAM yang tidak kehilangan ide untuk merubah tampilan bumper New Avanza dengan menggunakan bumper yang lebih memetingkan kelancaran udara ketika memasuki ruang mesin New Avanza agar kerja kipas pendingin terbantu dengan tampilan bumper saat ini.
Mesin yang digunakan New Avanza tidak jauh berbeda dengan mesin Avanza VVT-i yang lama, New Avanza tetap menggunakan mesin VVT-i yang irit dan ekonomis.
Untuk kenyamanan berkendara Toyota New Avanza menggunakan suspensi Avanza facelift yang akan membuat disaat berkendara semakin nyaman. Pengembangan suspensi ini dijanjikan akan mampu meredam setiap kejutan akibat jalanan yang tidak rata. Dibandingkan suspensi sebelumnya yang terkenal keras.
Saat ini PT TAM menyediakan 4 tipe New Avanza dengan 7 warna pilihan.
Jakarta (14/12), Toyota berhasil memenangkan penghargaan Indonesia Most Favourable Brands in Social Media pada kategori mobil dari majalah SWA dan mendapatkan 2 posisi tertinggi pertama dan kedua untuk kategori yang sama.
Survey yang dilakukan oleh SWA, OMG dan SITTI (Sistem Iklan Teknologi Indonesia ) yang telah berhasil merekam jejak merek-merek yang eksis dan berkibar di jalur situs jejaring sosial. Ada 29 kategori produk dan lebih dari 100 merek yang ditelusuri rekam jejaknya di dunia maya. Mesin SITTI menangkap 600 juta halaman situs dalam bahasa Indonesia, 8 Juta akun Twitter dan komunikasinya serta merekam sekitar 10 juta akun Facebook.
Dari rekam jejak tersebut Toyota berhasil menduduki peringkat 1 dan 2 untuk kategori Mobil dalam Indonesia Most Favourable Brands in Social Media. Posisi puncak itu masing-masing di tempati oleh Toyota Avanza yang berhasil mengungguli dengan total relevansi 1.886 dan score 30 untuk social media brand dan share of voice 205.886. Dan tempat kedua berhasil di duduki oleh Toyota Kijang dengan relevansi 1.727 dengan score 26 untuk Social Media Brands dan share of voice 180.123.
Penghargaan ini akan lebih memacu kami untuk membangun komunikasi yang lebih baik lagi dengan pelanggan sehingga suara konsumen bisa lebih cepat kami ketahui dan kami respon untuk memberikan yang terbaik kepada para pengguna Toyota , ujar Anton Jimmi Suwandy , Communication Manager PT. Toyota-Astra Motor.
Penghargaan ini melengkapi apresiasi serupa yang diterima Toyota Avanza di tahun 2010, antara lain; The Best Mini MPV Otomotif Award 2010, Brand of Choice by Community 2010 Majalah SWA. Demikian juga Kijang Innova yang telah memenangkan banyak penghargaan antara lain: Greatest Brand of Decade 2010 Netizen Choice Markplus Inc, Greatest Brand of Decade 2010 Editor Choice-Markplus Inc, Best Features Design & Value Ergonomic Cabin- Car and Tuning Guide Award 2010,The Best MPV- Otomotif Award.
Sejalan dengan perkembangan komunikasi saat ini, social media telah menjadi sarana efektif bagi perusahaan dalam membangun komunikasi dengan stakeholdernya. Ini karena kecepatan media social yang hampir tidak tertandingi karena siapapun bisa terhubung seketika dengan konsumen yang berkumpul di sana .